Saturday 4 August 2012

BEKERJA DI KAPAL PESIAR


Pada dasarnya, bekerja di bar di kapal pesiar tidak jauh berbeda dengan bekerja di bar di hotel berbintang pada umumnya. Perlu diketahui bahwa kapal pesiar adalah hotel terapung/floating hotel. Namun walau bagaimanapun setiap manajemen sebuah hotel pasti memiliki masing-masing perbedaan. Begitu pula bekerja di bar di kapal pesiar memiliki beberapa perbedaan semisal dari beberapa faktor, misal; adanya standar USPH (United States public health), jam kerja yang
 lebih panjang dan sibuk dan banyaknya split schedule, pekerjaan yang jauh lebih banyak, penerapan sistem gaji/komisi yang berbeda, serta karena oparasionalnya diatas laut dan resiko alam yg lebih besar, maka standar safety/keamanan juga menjadi perbedaan antara bekerja di Hotel dan Kapal pesiar.
Nah sebelum saya membahasnya lebih jauh saya akan memberikan pembahasan “plus” dalam tulisan ini. Yakni terlebih dahulu penulis akan membahas tips dan proses serta rahasia agar bisa lolos tes dan mendapatkan pekerjaan di kapal.

Rahasia Tes kapal pesiar
Berikut ini akan saya paparkan bagaimana proses persiapan hingga proses tes serta tips-tips penting agar bisa lolos ke kapal pesiar khususnya dibidang pekerjaan Bar dengan posisi Bartender/ Bar boy / Bar utility / Bar waiter. Tentunya anda berpendidikan minimal SMK/SMIP/DI/DII/DIV perhotelan dengan pengalaman minimal 6 bulan di Restoran/Bar/Hotel yg bertaraf pelayanan Internasional (international service). Dan termasuk pengalaman training dengan bukti sertipikat. Bahkan ada terkadang sebuah perusahaan yang mewajibkan pengalaman 3 tahun di hotel berbintang lima. Ataupun apabila anda bukan dari salah satu bidang pendidikan yang saya sebutkan diatas, juga berkesempatan mengikuti tes, akan tetapi tentunya harus didukung oleh pengalaman di dunia hospitaliti yang cukup. Berikut ini adalah salah satu syarat yang paling standar, artinya tiap-tiap perusahaan/kapal pesiar mempunyai syarat yang berbeda-beda.

Dalam persiapan utama yang paling penting adalah anda mempunyai kemampuan dalam berbahasa Inggris secara aktif. Jika tidak, jangan coba-coba saya yakin dan percaya maka dalam waktu 5 detik anda akan di usir dari ruang interview!, maka persiapkanlah bahasa Inggris anda dengan baik agar segala persiapan ataupun perlengkapan serta dana tidak terbuang sia-sia, Oce bro?
Faktor penting kedua adalah Finansial (duit), walaupun ada beberapa agen Tidak meminta Charge/ biaya penempatan (placement fees), akan tetapi uang tentu akan selalu dibutuhkan, jika anda tidak berdomisili di Jakarta maka tentunya anda butuh dana untuk biaya hidup sehari-hari di Jakarta, kost, transportasi, melangkapi dokumen, berkas-berkas, dll. Ingat tak ada yang gratis di dunia ini.
Faktor ketiga, kesehatan. Dalam hal ini setidaknya anda mengetahui/merasa bahwa anda benar-benar sehat, baik rohani maupun jasmani. Karena banyak pelamar gagal akibat faktor penyakit menular seeperti: HIV,TB,Hepatitis, dan penyakit menular lainnya. Terkadang, beberapa kapal pesiar juga menentukan standar tinggi badan. Umumnya untuk Pria sekitar minimal 163cm, Wanita 160cm. (tergantung kebijakan manajemen). Namun tidak semua agen meminta standar tinggi.

Umur, sesuai peraturan pemerintah nomer ?? visa kerja adalah berumur minimal 22 tahun. Menurut penulis pribadi Sebaiknya umur yang tepat untuk memulai bekerja di kapal pesiar adalah 23 tahun(tergantung sifat kedewasaan seseorang), setidaknya anda sudah mengantongi pengalaman kurang lebih 3 tahun (jika anda DIII&tidak pernah menganggur), dengan beberapa pertimbangan penting antara lain:
1) Pada umur ini anda tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Jika terlalu muda biasanya kita belum siap menghadapi life on board (kehidupan diatas kapal) yang sangat keras dan disiplin. Sifat keinginan yang selalu ingin pulang/home sick biasanya masih susah dibendung. Sehingga akan mempengaruhi kinerja kita on board. Sialnya lagi jika kita terpaksa dipulangkan oleh perusahaan, sedangkan disisi lain biaya pun sudah habis terpakai.
2) Nah jika kita memulai di umur yang tepat ini (23thn) setidaknya kita masih mempunyai fisik yang bagus, mental yang sudah siap, serta peluang kontrak hingga 5 kali dan jika anda pandai mengatur keuangan, maka di umur anda yang masih muda (28th) anda sudah mendapatkan cukup modal untuk sebuah usaha di kampung halaman/tempat tinggal anda, bahkan siap untuk membina sebuah keluarga (menikah), plus memiliki sebuah usaha. Dan tanpa harus meninggalkan anak/istri/keluarga berlayar. (ini hanya sekedar saran keputusan ada di tangan anda).
3) Diumur anda yang masih muda dan memiliki modal lebih, anda juga berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan tetap misalnya PNS, artinya hasil berlayar selama 5 kali kontrak anda bisa tabung/usaha, sedang untuk kbutuhan sehari-hari diperoleh dari pekerjaan anda sebagai seorang PNS. Dan setidaknya anda di posisi yang aman.
Nah umumnya batas umur maksimal untuk bekerja di kapal pesiar adalah 35 tahun (juga tergantung kebijakan perusahaan), akan tetapi jika diumur 35 tahun anda memiliki pengalaman lebih banyak di kapal pesiar tentunya anda masih berpeluang.

No comments: